Senin, 31 Desember 2012


5 Cara Unik Agar Tubuh Tetap Santai
            Tumpukan perkerjaan yang begitu banyak dapat membuat tubuh terasa kaku dan kepala sangat tegang. Daripada memaksa untuk menyelesaikan pekerjaan sementara sudah tidak fokus, curi waktu dan bersantailah sejenak. Lakukan lima hal berikut selama sekitar lima menit dan rasakan perbedaannya.
1.      Hirup Aroma Jeruk
Dalam keadaan stres, biasanya indera penciuman jadi lebih peka. Cobalah hirup aroma jeruk dari sumbernya. Bisa dari body mist, jeruk asli atau minyak esensial. Berdasarkan studi yang dilakukan di Brasil kecemasan seseorang berkurang setelah mereka menghirup aroma jeruk dari minyak esensial selama lima menit.
2.      Teh
Saat merasa suntuk, tandanya harus segera membuat teh hangat. Akan lebih baik jika minum teh. Kondisi ini bisa menurunkan kadar hormone stres, sehingga rasa tegang berkurang dan pikiran jadi lebih santai.
3.      Bercermin
Tak ada salahnya untuk menyediakan cermin di meja. Saat dalam kondisi tegang, cobalah bercermin selama lima belas detik. “Ini dapat membantu sedikit meregangkan leher,” ujar dr. Oz Scrunch, dikutip dari Prevention
4.      Jalan-Jalan
Cara ini bukan berarti harus berjalan di tengah panasnya sinar matahari. Cukup berjalan dengan langkah cepat dari satu gedung ke gedung lainnya atau melakukan menditasi selama lima menit. Dapat mencari tempat sepi dan nyaman untuk melakukannya.
5.      Ganti Pencahayaan
Selain membuat cepat lapar, cahaya lampu yang terlalu terang dengan watt tinggi dapat meningkatkan stres. Dapat mengurangi dengan mematikan beberapa  di ruang kantor atau menutup sebagian tirai di jendela. Agar sedikit lebih remang. “Kondisi ini dapat mengurangi rasa lelah dari aktivitas seharian, suasana hati, serta membuat anda lebih cepat tidur,” kata dr. Joseph Cilona, seorang psikolog.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar