Senin, 31 Desember 2012


10 Permainan Tradisional yang Patut Kita Kenal
Permainan tradisional yang patut kita kenal adalah sebagai berikut:
1.      Benteng
Permainan ini dimainkan oleh dua kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari empat sampai delapan orang. Kedua kelompok lalu akan memilih suatu tempat sebagai markas, biasanya sebuah tiang, batu atau pilar yang disebut sebagai ‘benteng’. Tujuan utama permainan ini adalah untuk menyerang dan mengambil alih benteng lawan.
2.      Gasing
Gasing adalah mainan yang bisa berputar pada dan berkesetimbangan pada satu titik. Gasing merupakan mainan tertua yang ditemukan di berbagai situs arkeologidan masih bisa dikenali.
3.      Layang-Layang
Permainan layang-layang merupakan satu aktivitas menerbanglan layang-layang tersebut di udara.
4.      Kasti
Kasti atau Gebokan merupakan sejenis olahraga bola seperti halnya olahraga softball atau baseball. Permainan yang dilakukan dua kelompok ini menggunakan bola tenis sebagai alat untuk menembak lawan dan tumpukan batu untuk disusun.
5.      Yo-Yo
Yo-yo adalah suatu permainan yang tersusun dari dua cakram berukuran sama(biasanya terbuat dari plastik, kayu, atau logam) yang dihubungkan dengan suatu sumbu.
6.      Balap Karung
Balap karung populer pada hari kemerdekaan Indonesia. Sejumlah peserta diwajibkan memasukkan bagian bawah badannya kedalam karung kemudian berlomba sampai ke garis akhir.
7.      Petak Umpet
Dimulai dengan hompimpa untuk menentukan siapa yang menjadi ‘kucing’ (berperan sebagai pencari teman-temannya yang bersembunyi). Si kucing ini nantinya akan memejamkan mata ataui berbalik sambil berhitung sampai 25, biasanya dia menghadap tembok, pohon, atau apa saja supaya dia tidak melihat teman-temannya bergerak untuk bersembunyi. Setelah hitungan sepuluh, mulailah ia beraksi mencari teman-temannya tersebut.
8.      Kelereng
Kelereng adalah mainan kecil berbentuk bulat ukuran 1,25 cm, terbuat  dari kaca atau tanah liat. Sejak abad ke-12, di Prancis, kelereng disebut dengan bille (bola kecil), di Belanda dikenal dengan nama knikkers dan di Inggris disebut marbles.
9.      Congklak
Congklak adalah suatu permainan tradisional yang dilakukan oleh dua orang. Dalam permainan mereka menggunakan papan yang dinamakan papan congklak dan biji-bijian. Pemenangnya adalah yang mendapatkan biji terbanyak.
10.  Galasin
Galah asin atau di daerah lain disebut Galasin atau Gobak Sodor. Permainan ini adalah sebuah permainan grup yang terdiri dari dua grup, di mana masing-masing tim terdiri dari tiga sampai lima orang. Inti permainannya adalah menghadang lawan agar tidak bisa lolos melewati garis ke baris terakhir secara bolak-balik, dan untuk meraih kemenangan seluruh anggota grup harus secara lengkap melakukan proses bolak-balik dalam area lapangan yang telah ditentukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar