Senin, 31 Desember 2012


Cara Sederhana Cegah Osteoporosis
Osteoporosis adalah penyakit serius yang dapat membuat menderita di kemudian hari, karena seiring bertambahnya usia. Oleh karena itu penting untuk merawat tulang sejak dini.
Berikut beberapa hal sederhana yang dapat dilakukan untuk mencegah osteoporosis:
1.      Olahraga
Olahraga adalah kunci menjaga tulang tetap kuat, oleh karena itu pastikan melakukan setidaknya 30menit sehari. Jenis olahraga seperti yoga, lari, atau latihan kekuatan otot membuat tulang tarik-menarik dan hal tersebut akan meningkatkan kepadatan tulang.
2.      Hindari Alkohol dan Soda
Tulang yang keropos dapat menyebabkan osteoporosis. Dan minum alcohol atau soda secara berlebihan juga meningkatkan resiko terkena osteoporosis. Mulailah batasi konsumsinya.
3.      Minum susu dan berjemur
Minum susu dan berjemur adalah kunci untuk mencegah tulang keropos, namun juga membutuhkan vitamin D untuk membantu tubuh menyerap mineral. Susu, kacang almond, sarden, salmon, sereal, jus jeruk dan sayuran hijau adalah sumber kalsium yang tinggi. Konsumsi segelas susu atau makanan lain yang kaya akan kalsium tadi dibawah paparan sinar matahari selama 5 hingga 10 menit sebanyak 3 kali seminggu.
4.      Konsumsi kalsium
Kalsium merupakan unsure membentuk tulang dan gigi. Maka, agar kepadatan tulang terus terjaga, penting untuk mengkonsumsi kalsium yang banyak terdapat dalam susu, kacang kedelai, kacang hijau dan jenis kacang lainnya. Sayangnya, seiring bertambahnya usia, kemampuan untuk menyerap kalsium semakin berkurang. Maka, sebaiknya membiasakan diri untuk minum-minuman yang banyak mengandung kalsium setiap hari sejak usia dini. Salah satunya adalah susu kacang kedelai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar