Senin, 31 Desember 2012


Mengatasi Nyeri Saat Haid
            Buah-buahan dan sayur mayur, direkomendasi untuk dimakan sebelum datang bulan dan selama haid berlangsung. Ini dapat digunakan untuk mengurangi rasa nyeri waktu dating bulan dan disaat menjelang jadwal menstruasi yang telah datang, dimana biasanya mulai merasa lemas dan pusing, kemudian sedikit nyeri di perut pada bagian bawah, atau malas beraktivitas, tubuh merasa menjadi lemas dan cepat lelah, berat badan bertambah, berjerawat, sampai pinggang terasa pegal.
            Ada beberapa solusi yang bisa digunakan untuk mengurangi keluhan PMS atau premenstrual syndrome ini, khususnya dalam hal asupan makanan. Diantaranya sebagai berikut:
1.      Konsumsi Buah
Konsumsilah buah yang mengandung vitamin C dan untuk memperkuat daya tahan tubuh, maka sebaiknya tambahkan makanan yang mengandung kalsium dan vitamin C. Selain jeruk, nanas, mangga, atau papaya, sumber vitamin C ada pada strawberry, brokoli, semangka, kembang kol, kubis dan tomat.
2.      Menambah Konsumsi Serat
Serat dari sayuran dan buah-buahan bisa membantu mengurangi keluhan sakit sebelum menstruasi . Pisang, misalnya, mengandung vitamin B6 yang mampu mengurangi gejala sakit seperti payudara yang menegang, retensi air, dan mood yang berubah-ubah. Sedangkan nanas, kaya akan vitamin A, B, C, serta mangan. Mineral ini telah terbukti mampu meningkatkan mood dan mengurangi retensi air, sehingga terbebas dari problem perut kembung.
3.      Kurangi Makanan Gurih
Mengurangi makanan gurih. Lebih baik hindari makanan yang bersifat gurih atau asin, seperti kentang goreng, kacang-kacangan, atau makanan berbumbu lainnya. Hal ini dikarenakan kandungan garam yang tinggi dalam tubuh akan mempercepat proses pelepasan air berlebih di dalam tubuh, sehingga tubuh cepat terasa lemas.
4.      Memperbayak Minum Air Putih
Hindari minum terlalu banyak gula, kafein, cokelat, dan es. Kondisi dingin dalam tubuh tidak baik untuk aliran darah. Sebaiknya minum air putih hangat untuk memperlancar aliran darah.
5.      Mengonsumsi Zat Besi
Saat menstruasi, kehilangan 12-15 mg elemen zat besi. Karena itu, saat menstruasi perlu minum vitamin penambah darah. Selain dengan mengkonsumsi vitamin, bisa bisa memenuhi kebutuhan zat besi dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi. Beberapa makanan yang mengandung zat besi adalah daging sapi, kambing, ayam, ikan, ikan tuna, telur, oatmeal, serta berbagai sayuran berwarna hijau.
         

Tidak ada komentar:

Posting Komentar